Surau TV

Banner

Pemuda Labuhanbatu Banyak Menganggur, Ini Datanya

Image
Tuesday, 29 October 2019 | 07:52:25 WIB


Labuhanbatu- Labuhanbatu yang sering disebut Kota berkembang , ternyata menyimpan jumlah angka pengangguran tergolong tinggi.  Berdasarkan data BPS Labuhanbatu dalam angka tahun 2017, terdapat 20 ribu jiwa yang berumur diatas 15 tahun masih menganggur. 20 ribu jiwa tersebut merupakan 11,39 persen dari total penduduk berumur 15 tahun keatas menurut jenis kegiatan utama di Kabupaten Labuhanbatu. 


Direktur Lembaga Kajian Institut Kolektif Ahmad Efendi,  Senin (28/10/2019) mengamini data tersebut.  Sebab,  berdasarkan hasil riset yang dilakukan lembaganya beberapa waktu lalu,  dengan menggunakan metode Random Sampling terhadap 100 koresponden di Kota Rantauprapat,  yang terdiri atas 2 kecamatan, datanya tidak jauh berbeda. 


Dijelaskannya,  Adapun temuan dari hasil riset yang dilakukan lembaganya,  faktor penyebab tingginya tingkat pengangguran di Labuhanbatu,  antara lain,  pertama,  minimnya keterbukaan informasi publik atas penerimaan lowongan pekerjaan. Kedua, Dinas Tenaga Kerja dinilai lemah dalam  menciptakan bursa kerja. 


 Ketiga, minimnya pelatihan ketenagakerjaan. Keempat, belum ada realisasi terhadap Ranperda tentang tenaga kerja lokal. Dan kelima,  minimnya investasi untuk menyerap tenaga kerja di Labuhanbatu. 


" jika ke lima point diatas bisa diselesaikan pemerintah secara maksimal,  maka akan menekan jumlah angka pengangguran tersebut"tutup Pria yang disering disapa bung Fendi. 

Sumber : -

Laporan : Mariyo

Editor : Red

loading...